Monday, October 22, 2007

Harga Pulsa Telkomsel Melambung Tinggi

Telkomsel meliburkan penjualan mkios selama 2minggu, hal ini menyebabkan para pedagang di tingkat retailer melakukan aksi belanja mkios sebayak banyaknya pada seminggu sebelum lebaran untuk mengantisipasi kekosongan stok disaat lebur penjualan mkios selama 2minggu itu, dampak yang sangat terasa dilapangan gejolak harga pulsa eceran sangat terasa, khususnya di daerah medan dan sekitarnya.

Retailer pulsa di daerah sp IKIP jl pancing dan daerah Sumber padang bulan yang terkenal daerah "panas" atau daerah "perang" harga dan sekaligus menjadi tolok ukur harga pulsa terendah di kota medan tidak lagi menjual pulsanya dengan harga rendah (sebelum lebaran harga s20 dijual 20rb dan 20500), kini harga yang mereka jual mencapai 25rb utk pulsa s20 dan 15rb utk pulsa s10. Banyak kejadian lucu dan menggelikan disaat gejolak harga dimulai.

Pada H-2 lebaran, para pedagang retailer berkumpul utk bersepakat menjual harga s20 dengan harga 25rb, sebagian setuju sebagian lagi menolak. Pedagang yang menolak tetap menjual pulsa s20 dengan harga 22rb, dengan pemikiran mereka bisa merebut pelanggan counter lain dan supaya counternya dikenal murah.. Tapi sayang seribu sayang, belum lagi sampai hari lebaran, counter2 yang menjual pulsa s20 22rb KEHABISAN STOK...!! karena diserbu pelanggan, akibatnya, counter tersebut tidak bisa berjualan selama 2minggu kedepan, karena stok mkios telkomsel tidak turun, mereka ga bisa belanja dan ga bisa jualan..!! Kasian, alih alih mau dikenal murah, tapi jadinya malah dikenal pelanggan sebagai counter yang GA NIAT JUALAN...!! karena setiap pelanggan datang utk belanja pulsa, selalu bilang

"stok kosong mas/mbak"

Justru pedagang yang jual dengan harga 25rb kebanjiran pelanggan pada hari hari setelah lebaran, sudahlah margin keuntngan tinggi, hits trx (transaksi) nya pun tinggi, di counter saya bisa sampai 150trx per hari..

Sebenarnya bukan pedagang yang mau "berniat jahat" menjual, masalahnya para pedagang tidak mendapatkan pasokan pulsa selama 2minggu, sementara para pedagang tidak bisa meliburkan diri selama 2minggu tersebut, untuk menutupi kerugian tersebut para pedagang menutupinya dengan menaikkan harga pulsa yang jika dikalkulasikan keuntungan dari penjualan pulsa s20 25rb sama dengan keuntungan selama 2minggu. Apalagi terjadi kelangkaan stok di pasaran, seperti halnya prinsip ekonomi, jika permintaan tinggi sementara persediaan barang sedikit, maka yang terjadi adalah melambungnya harga.

Well.. Jadi pedagang memang perlu bersiasat dan memaksimalkan otak kanan, jadi makin demen dagang daripada kerja neh.. hehehe...

No comments: