Wednesday, November 28, 2007

Sisi Lain Dari Dampak Byar-Petnya Listrik di Medan


Beberapa hari lalu saya sempat ngobrol dengan seorang rekan yang berprofesi sebagai teknisi service elektronika dan handphone, kita sebutlah dia Mr.HK mengenai per'listrik'an kota medan yang bikin stress penduduknya..

Biasanya jika diajak bicara ttg hal ini, masyarakat medan akan berkomentar negatif, mengeluh, memaki, dan bahkan sebagian ada yang pasrah (dah capek ngomel tapi ga ditanggepin kali ye.. hehehe..)

Tapi obrolan tempo hari itu agak berbeda dari biasanya, Mr.HK menyambut positif dan bahagia dengan sering keadaan Byar-Pet listrik, malah dia lebih suka kalo giliran pemadaman listriknya dibuat setiap 1jam sekali setiap 2jam..

Lho...?!

Sambil cengangas cengenges (:P) dia menjelaskan, kalo sering hidup-mati-hidup-mati listrik, akibatnya kan akan banyak peralatan elektonika yang rusak, akan banyak handphone yang putus jalur lah atau matot lah alias rusak.. Nah.. Keadaan ini justru membuat income Mr.HK dan rekan rekannya sebagai tukang service menjadi "sumringah", secara makin banyak order yang masuk ke toko dia.. Memang saya sendiri sebagai counter hp yang menerima jasa service hp lebih banyak terima order hp hp yang rusak gara2 listrik yang byar pet..

Coba kita liat kebelakang beberapa keadaan yang tidak mengenakkan bagi sekelompok masyarakat justru membuat sekelompok masyarakat lain terangkat, beberapa contohnya :


  • waktu krismon baru dimulai, para konglmerat terpuruk, tp petani singkong di lampung, petani lada di babel, usaha konveksi di cipulir menjadi OKB karena permintaan produknya yang melambung tinggi..

  • waktu bencana gempa di bengkulu, tsunami di aceh dan nias, banyak pengangguran yang dapet job sebagai kuli, tukang, bahkan pengangguran yang tadinya ga ada kerja jadi buka usaha kontraktor dan sukses karena banyak order rekonstruksi daerah yang terkena bencana..

  • Relasi saya pengusaha permen jahe di cileubeut bogor jadi bisa beli mobil, karena permen jahe dan permen asem mulai eksis ketika krismon dimulai

  • Masih banyak lagi contoh yang lain yang kalo di tulis disini semua jadi kepanjangan.. hehehe..

Jadi kalo gt siapa yang kalah dalam keadaan sulit ini..??!! Hmm.. Let's see.. Yang kalah ada orang yang bermental dan berjiwa PECUNDANG.. Yang selalu mengeluh, meratap, menyesali, menyerah dan berkompromi dengan kekalahan... Sekalipun sulit, jangan berhenti.. Lhat dari sisi lain, pasti ada pelajaran dibalik semua keadaan sulit ini, jangan berat pantat shg malas melakukan perubahan


Dunia memang sudah di setting seperti ini oleh Yang menciptakan dunia ini, maka dengarkan dan perhatikan Dia bicara supaya kita di rahmati. Dibalik kesusahan pasti ada kemudahan bersamanya, kita tinggal nasihatNya dan berusaha sekuasa kuasa kita..

No comments: